Bahaya Hepatitis ‘Misterius’

Bahaya Hepatitis ‘Misterius’

Apa itu Hepatitis Misterius : Hepatitis sendiri adalah peradangan pada hati atau liver. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, namun Bahaya Hepatitis ‘Misterius’  adalah faktor penyebab yang belum diketahui karena setelah diteliti bukan termasuk dari lima jenis hepatitis yang telah ada sebelumnya.

Menurut Dokter Spesialis Anak Dwi Prasetyo yang juga Kepala Divisi Gastrohepatologi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung mengatakan, “Ini sebenernya ada lima hepatitis yang dikenal A, B, C, D dan E. Sekarang muncul fenomena hepatitis misterius karena setelah dicari semuanya negatif dari lima itu makanya dibilang tidak diketahui penyebabnya.”

Apa yang sudah diketahui Bahaya Hepatitis ‘Misterius’ :

Dari kurang lebih 10% kasus hepatitis misterius memerlukan tindakan untuk transplantasi hati, dan telah ada yang meninggal 3 orang di Indonesia. Terkini diduga ada kaitannya dengan Adenovirus F tipe 41 dan SARS – CoV-2

Yang terjadi di Indonesia :

Di Jakarta sendiri yang sudah terjadi ada 21 kasus , terdiri dari 14 orang dibawah umur 16 tahun dan 7 orang diatas umur 16 tahun, dan korban jiwa sudah ada 3 orang dibawah umur 16 tahun. Jadi diketahui untuk kasus hepatitis misterius tidak hanya menyerang anak anak saja namun juga orang dewasa.

Ciri Ciri  Hepatitis Misterius :

  • Demam tinggi/riwayat demam
  • Kulit tubuh berwarna kuning
  • Diare/ buang buang air besar
  • Gatal gatal pada kulit
  • Urine berwarna kecokelatan
  • Mual dan muntah

Jika terjadi ciri ciri diatas cepat datang ke fasilitas kesehatan terdekat sesuai anjuran dari Kementerian Kesehatan RI berdasarkan surat edaran kewaspadaan akan penyakit ini karena faktor belum ditemukannya penyebab pasti dari penyakit ini.

Cara Mencegah Hepatitis Misterius :

Tips yang dianjurkan untuk mencegah adalah menerapkan pola hidup sehat karena penularan utama hepatitis adalah melalui saluran pencernaan seperti makanan dan minuman.

Lebih baik jika memang bisa mengetahui bahan bahan apa saja yang kita makan dan prosesnya dianjurkan untuk memasak sendiri makanan, serta membawa peralatan makan sendiri.

 

Sumber :

CDC : https://www.cdc.gov/hepatitis/

Kemenkes : https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20220505/1239785/hepatitis-akut-menular-lewat-saluran-cerna-dan-saluran-pernafasan-begini-cara-mencegahnya/

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest