Selamat Datang di Laboratorium Klinik Westerindo

Jam Buka : Senin - Jumat 07.00 - 21.00, Sabtu 07.00 - 18.00
Kontak : 021-7392345 | 021-7255080 | WA 0877 5000 2522



Menjaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi


Anak adalah asset penerus bangsa. Sesungguhnya masa depan bangsa ini ada di tangan anak-anak kita kelak. Oleh karena itu harus kita sadari untuk menjaga kesehatan jiwa dan raga anak, menjaga agar mereka tetap bahagia dan berkembang sesuai usianya.

Terlebih di masa pandemi ini, di mana anak menjadi terisolir dari teman-temannya, gurunya, dan lingkungan sekitar. Semua kegiatan dilakukan di rumah baik itu belajar maupun bermain. Anak yang biasa beraktivitas di sekolah atau di lingkungannya, tiba-tiba harus berada di rumah sepanjang hari tentu beresiko membuat mereka stress dan bosan.

Peran orang tua sangat dibutuhkan untuk membuat anak tetap fokus pada kewajibannya namun tetap bahagia meski hanya di rumah saja. Di dalam tubuh yang sehat tentu terdapat jiwa yang sehat.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak tetap sehat dan bahagia meski di rumah saja:

1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Anak

Anak-anak di masa pertumbuhan tentu membutuhkan kecukupan nutrisi dari makanannya. Kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin harus tercukupi secara seimbang. Sediakan makanan gizi seimbang di rumah, ganti cemilan atau minuman yang banyak mengandung gula dengan buah dan air putih yang cukup.

2. Istirahat yang Cukup

Pastikan anak istirahat dengan cukup setelah kegiatan belajar, karena pada saat tidur terjadi regenerasi sel-sel yang rusak, jadi jika anak kurang tidur maka tubuh tidak ada kesempatan untuk membentuk sel-sel yang baru. Usahakan anak dapat tidur 10 jam sehari.

3. Perilaku Hidup Sehat dan Bersih

Biasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun dan di air mengalir setiap kali selesai beraktivitas. Gunakan masker jika harus keluar rumah meski hanya sebentar, khususnya bila berinteraksi dengan orang lain. Ajarkan anak untuk tidak menyentuh mata atau wajah, serta ajarkan etika batuk/bersin yang benar dengan menutup mulut dan hidung menggunakan bagian dalam siku saat batuk/bersin. Pastikan anak mandi dengan bersih setiap pagi dan sore.

 4. Olah Raga Ringan

Kebosanan seringkali membuat anak lebih tertarik bermain gadget daripada melakukan aktivitas tubuh. Ajak anak untuk berolahraga sambil bermain agar tetap sehat dan bugar, misalnya dengan bermain bola di halaman rumah, skipping, menari, atau lainnya. Lakukan sekitar 30 menit setiap harinya dan tetap hidrasi anak setelah berolahraga.

 5. Berikan Suplemen

Berikan suplemen anak-anak yang mengandung vitamin C, A, dan D serta zink dan kalsium agar anak tidak mudah sakit dan dapat beraktivitas dengan riang.

Demikian tips agar anak tetap sehat di masa pandemi ini.

Salam sehat!