Selamat Datang di Laboratorium Klinik Westerindo

Jam Buka : Senin - Jumat 07.00 - 21.00, Sabtu 07.00 - 18.00
Kontak : 021-7392345 | 021-7255080 | WA 0877 5000 2522



10 Cara Menghindari Resiko Diabetes Ketika WFH


Selama pandemi covid-19 ini banyak perusahaan dan perkantoran yang menetapkan aturan work from home (WFH) sesuai anjuran pemerintah untuk mengurangi resiko penularan covid-19. Bagi sebagian orang, WFH ini menyenangkan, sebab relative aman dan sangat menghemat waktu dan tenaga. Namun, betulkah seaman dan semenyenangkan itu? Jika kita termasuk orang yang disiplin, tentu tidak ada masalah sebab kita akan tetap fokus dalam bekerja meskipun di rumah.

 

Namun jika kita termasuk orang yang mudah terpecah konsentrasinya, tentu akan ada beberapa resiko yang timbul. Misalnya pekerjaan tidak selesai tepat waktu, terganggu hiburan dari televisi, dan lain-lain. Salah satu resiko yang cukup berat karena bisa menimbulkan perubahan gaya hidup adalah kemudahan mendapatkan makanan. Mengapa? Bila kita di kantor tentu suasana bekerja akan membuat kita lebih fokus dan hanya makan di jam istirahat saja. Jika bekerja di rumah, akses mendapatkan makanan bisa kapan saja sesuka hati, terlebih dengan kemudahan memesan makanan secara on line.

 

Agar tetap disiplin, apa saja yang harus kita lakukan? Berikut 10 cara agar terhindar dari kegemukan dan resiko diabetes akibat kurangnya aktivitas ketika WFH:

 

  1. Tetapkan waktu makan seperti ketika bekerja di kantor, sarapan secukupnya dengan menu rendah kalori

  2. Istirahat pada jam 10.00 untuk minum teh atau kopi tanpa gula

  3. Sediakan kudapan rendah kalori seperti buah rendah gula atau roti gandum

  4. Hindari bekerja di kamar tidur agar tidak tergoda untuk merebahkan diri

  5. Lakukan peregangan (stretching) jika terlalu banyak duduk

  6. Makan siang pada jam istirahat dengan pilihan menu rendah kalori, perbanyak sayur dan buah serta kurangi nasi

  7. Usahakan memasak sendiri dan tidak membeli/memesan makanan

  8. Setelah makan, gunakan sisa waktu istirahat dengan bermain bersama anak atau melakukan aktivitas lain seperti berbenah ringan, menyiangi tanaman/berkebun ringan, dll

  9. Setelah waktu kerja usai, lakukan work out ringan di rumah sebelum waktu mandi tiba

  10. Jika ternyata tetap mempunyai kebiasaan baru untuk ngemil atau makan melebihi porsi makan biasa, maka lakukan cek gula darah secara berkala untuk memonitor kadar gula darah dalam tubuh.

 

Demikian kurang lebih kegiatan yang bisa dilakukan ketika bekerja di rumah agar tubuh tetap bugar dan tidak focus pada keinginan untuk makan atau ngemil. Seperti kita ketahui, masih banyak yang melakukan WFH hingga berbulan-bulan, maka harus memonitor kadar gula dalam darah serta memeriksakan profil lemak secara berkala.

 

Datangi Laboratorium Klinik Westerindo terdekat untuk melakukan pengecekan laboratorium atau hubungi 0877 5000 2522 untuk layanan Home Service.

 

Semoga pandemic ini segera berlalu dan kita bisa bekerja kembali seperti sedia kala.

 

Salam sehat!