Selamat Datang di Laboratorium Klinik Westerindo

Jam Buka : Senin - Jumat 07.00 - 21.00, Sabtu 07.00 - 18.00
Kontak : 021-7392345 | 021-7255080 | WA 0877 5000 2522



Penyakit Komorbid Covid-19


Penyakit komorbid adalah penyakit penyerta yang menggambarkan kondisi bahwa ada penyakit lain yang dialami selain dari penyakit utamanya (dalam artikel ini penyakit utamanya adalah covid-19). Hipertensi, diabetes mellitus, penyakit jantung, penyakit ginjal dan hati, bahkan kanker merupakan penyakit komorbid yang beresiko fatal terhadap pasien positif covid-19. Pada pasien dengan riwayat penyakit paru dan pernapasan juga beresiko tinggi sebab covid-19 menyerang fungsi paru.

 

Langkah terbaik untuk mengelola penyakit yang sudah diderita adalah dengan monitoring kondisi tubuh secara berkala. Seperti melakukan pemeriksaan gula darah puasa dan Hba1C untuk orang dengan riwayat diabetes. Monitoring tensi dan profil lemak serta pemeriksaan fungsi ginjal juga sebaiknya dilakukan oleh orang dengan riwayat hipertensi penyakit jantung. Di masa pandemi ini ada baiknya monitoring yang dilakukan tiga bulan sekali bisa lebih diperpendek untuk mencegah resiko fatal apabila tertular.

 

Banyaknya orang tanpa gejala (OTG) yang positif covid-19 juga beresiko menularkan jika tidak melakukan isolasi atau bahkan jika yang bersangkutan tidak mengetahui bahwa menderita positif covid-19. Namun tidak perlu cemas berlebihan. Selama kita menjalankan protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, cuci tangan, serta menjalankan etika batuk dan bersin, kita akan terhindar dari penyakit tersebut. Akan lebih baik ditambah dengan konsumsi vitamin/suplemen dan asupan gizi seimbang serta berjemur pada pagi hari.

 

Hati yang gembira dan menjalankan perilaku hidup sehat dan bersih akan meningkatkan imunitas. Tentu tetap melakukan cek kesehatan secara berkala. Semoga pandemi ini segera berlalu.

 

Salam sehat!